Bareskrim Mabes Polri Amankan Sabu 30 Kg dan Para Tersangkanya

Bareskrim Mabes Polri Amankan Sabu 30 Kg dan Para Tersangkanya

NewsNKRI, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri bersama Direktorat Jenderal Bea Cukai mengungkap kasus peredaran narkoba jenis sabu sebanyak 30 Kg. Barang haram tersebut disita dari sebuah kapal nelayan di tengah perairan ujung laut Selat Malaka, Peureulak, Kabupaten Aceh Timur Lenk.

“Ini adalah yang pertama kali kami berhasil menangkap tersangka berikut barang buktinya di tengah laut selat Malaka 27 mil dari Perlak,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Porli Brigjen Pol Eko Daniyanto di kantornya, Senin siang tadi (16/10/2017).

Tersangka Baharudin yang diketahui sebagai nakhoda kapal terpaksa dilumpuhkan kakinya karena akan  membuang barang haram tersebut. Tersangka lainnya Sayuti pemilik barang dan sekaligus kurir, Efendi dan Saleh masing-masing sebagai anak buah kapal (ABK).

Sabu-sabu tersebut dimasukan plastik teh China warna kuning dan dilakban cokelat. Kemudian dimasukan dalam tas dan diangkut menggunakan kapal motor nelayan. “Selama 12 hari hasil yang kami lakukan dan lidik bergabung dengan Bea Cukai dan akhirnya berhasil menggagalkan penyeludupan tersebut,” terangnya.

Tersangka diancam Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati atau dan paling singkat 6 tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

Di samping itu,Eko menduga jalur tersebut surga bagi para kurir narkoba karena relatif aman dari pengawasan petugas. Buktinya, empat pelaku yang berhasil ditangkap mengaku sudah tujuh kali melakukan aksinya.

Komentar Anda

Related posts