Tidak Sangka Kalau Kolagen Baik untuk Kesehatan Lho!

Kesehatan

NewsNKRI – MENDENGAR kata kolagen mungkin Anda akan terfokus pada kecantikan kulit. ternyata kolagen baik bagi kesehatan, Semakin banyak kolagen dalam tubuh, maka semakin baiklah kondisi kulit, rambut, juga kuku Anda.

Manfaat Kolagen Selain untuk Kecantikan

Sudah sejak lama peneliti meyakinkan bahwa kolagen baik untuk perawatan kulit agar awet muda. Selain itu, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, kolagen dipercaya mampu memaksimalkan hal tersebut.

Tapi, siapa sangka kalau kolagen juga baik untuk kesehatan, lho!

Seperti yang dijelaskan dr. Fitria Amalia, Sp.KK, M.Kes, ternyata ada manfaat lain dari kolagen, khususnya untuk kesehatan. Perlu Anda ketahui sebelumnya, kolagen itu banyak terdapat di pembuluh darah dan juga sendi tulang tubuh. Selain itu, kolagen juga ada di tulang dan otot.
Nah, karena keberadaannya di sana, mereka yang memiliki jumlah kolagen yang baik dan cukup akan minim risiko cedera ataupun nyeri otot. “Kalau di sendi, kolagen itu membuat tulang Anda lebih mudah bergerak, alhasil risiko kram pun minim,” terang dr. Amalia pada Okezone saat diwawancarai di Suasana Resto, Kuningan Suites, Setiabudi, Kamis (19/10/2017).
Selanjutnya, karena kolagen baik untuk pembuluh darah, makanya mereka yang memiliki kolagen cukup di tubuh jarang mengalami pecah pembuluh darah. Pun juga tidak mudah memar akibat benturan barang tumpul.
Kemudian, dijelaskan dr. Amalia, mereka yang jumlah kolagennya mencukupi, pencernaannya bisa dibilang baik. “Sebab, kolagen juga berfungsi baik di sistem pencernaan manusia. Jadi, Anda yang rutin mengonsumsi makanan atau minuman kaya kolagen, dipercaya memiliki sistem pencernaan yang baik,” terangnya.

Lebih lanjut, sambung dr. Amalia, kalau bicara mengenai sistem pencernaan, mereka yang kolagennya banyak akan mudah mengeluarkan toksin dalam tubuh secara alami. Hal itu terjadi karena kolagen membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Jadi, risiko kontaminasi toksin pun menjadi lebih minim.

Baca Juga :   Sayang, Masih Banyak Masyarakat yang Belum Sadar Akan Gejala Depresi
Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply