Minus Golkar, Nasdem: Dukungan Masih Cukup Usung Ridwan Kamil

Nasdem mengatakan Dukungan Masih Cukup Usung Ridwan Kamil

NewsNKRI – Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate memastikan akan tetap mendukung Ridwan Kamil, meski Golkar telah mencabut dukungannya di Pilkada Jabar 2018. Menurutnya dukungan dari PPP, PKB dan Nasdem masih cukup untuk mengusung Ridwan Kamil.

“Kalau pun Golkar menarik dukungannya tentu kita tidak bisa mengomentari, karena sepenuhnya itu keputusan DPP Golkar. Namun kerja sama politik dari partai yang tersisa bisa dibangun terus dan itu cukup untuk mengusung Kang Emil,” kata Johnny saat dihubungi detikcom, Minggu (17/12/2017).

Golkar tak lagi mendukung pasangan calon Ridwan Kamil di Pilgub Jabar. Sebagai salah satu partai pendukung, PPP menegaskan akan tetap mengusung Ridwan kamil.

“Kami menghargai keputusan DPP Golkar. Namun itu tidak masalah, Emil (Ridwan Kamil) masih tetap cukup kendaraannya dengan 21 kursi PPP-Nasdem-PKB,” kata Ketua Umum PPP, Romahurmuziy (Romi) dalam pesan singkatnya.

Minus Golkar, partai pengusung Ridwan Kamil yakni Nasdem, PPP, dan PKB. Ketiga partai itu memiliki total 21 kursi sehingga cukup untuk mengusung pasangan cagub-cawagub.

Sebagaimana diketahui, dalam bursa pencalonan di Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil (RK) diusung empat partai yakni Nasdem, PKB, PPP dan Golkar. Sekjen PPP Arsul Sani memastikan dukungan untuk Ridwan Kamil tetap cukup.

“RK sudah cukup dengan dukungan dari PPP, PKB dan Nasdem. Jadi kalau pun Golkar mencabut dukungan, namun satu di antara ketiga partai ini tetap mengusung RK. Maka hilangnya dukungan Golkar tidak akan mengganjal pencaguban RK,” tulis Arsul dalam pesan singkatnya.

Kendati demikian, PPP juga mengingatkan Ridwan Kamil untuk segera menetapkan calon wakilnya nanti. Karena tidak menutup kemungkinan PPP juga mulai mempertimbangkan dukungannya.

“Namun PPP sekali lagi juga ingin ingatkan RK bahwa ketika PPP putuskan dukung dia, maka syarat dukungannya adalah cawagubnya dari PPP. Nah ketika RK ‘muter-muter’ dengan konvensi segala untuk cawagubnya, maka di struktur PPP tingkat propinsi dan daerah di Jabar juga mulai suarakan agar PPP pertimbangkan ulang dukungan terhadap RK,” jelas Arsul.

Baca Juga :   Phillip Island,Marquez Akan Fokus Demi Gelar Juara Musim Ini

Diakui Johnny, bongkar pasang dukungan partai selama Pilkada cukup merepotkan. Terlebih rakyat dan partai politik memerlukan kepastian dari pasangan calon Gubernur yang akan diusung.

“Kalau bongkar pasang dukungan memang repot, bahkan sampai terakhir perubahan bisa terjadi jadi itu sah-sah saja. Saya kira sejauh ini tidak ada perubahan sikap (Nasdem) serius dukung Kang Emil, karena beliau tokoh muda Jabar yang potensial dan mampu memahami karateristik Jabar,” jelasnya.

Meski masih memberikan dukungan, Nasdem meminta Emil segera menentukan pasangannya. Sehingga dukungan yang diberikan bisa lebih konkret.

“Sedangkan untuk calon wakilnya kita meminta Kang Emil untuk segera menetapkan calonnya sehingga mesin koalisi partai bisa segera bergerak jalan,” lanjutnya.

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply