Cara memilih Lokasi Usaha

NewsNKRI – Lokasi usaha yang strategis menjadi hal paling berpengaruh dalam kesuksesan bisnisnya. Kemudian jenis dan sifat usaha juga berhubungan erat dengan lokasi usaha.

Jika usaha yang dijalankan ada di bidang consumer goods seperti menjual kebutuhan hidup sehari-hari, pilihlah tempat yang memiliki jalan cukup besar, memiliki lahan parkir yang luas, dan ramai dilalui orang maupun kendaraan. Singkatnya, pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan pemukiman penduduk, perkantoran, maupun industri. Perhatikan juga kemudahan akses untuk menuju lokasi usaha, pastikan memilih tempat usaha yang mudah dijangkau.

Karena berbagai pertimbangan itu, banyak orang mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi usaha yang strategis dan ideal, terutama yang sesuai dengan budget mereka. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih lokasi usaha.

1. Lokasi Strategis

Agar usaha bisa berjalan dengan lancar, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan mudah dilihat oleh banyak orang.

2. Captive Market atau Target Pasar yang Pasti

Pastikan Anda melakukan survey di lingkungan sekitar, tempat Anda ingin membuka usaha. Setelah melakukan survey, pilihlah tempat usaha yang sudah memiliki captive market atau target pasar yang pasti, contohnya seperti kaum urban, karyawan, atau mahasiswa.

3. Akses yang Mudah

Memilih lokasi usaha dengan akses yang mudah ditempuh tentu saja membuka peluang untuk selalu dikunjungi oleh konsumen. Karena itu, pertimbangkanlah kemudahan akses sebelum membuka usaha di lingkungan pilihan Anda.

4. Tematik

Salah satu daya tarik untuk menarik minat konsumen yakni tempat usaha yang memiliki ciri khas tertentu. Dengan konsep yang menarik, pengunjung akan penasaran untuk singgah ke lokasi usaha Anda.

5. Perizinan

Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu izin yang dimiliki lokasi usaha pilihan Anda. Mengabaikan hal ini justru dapat mengakibatkan kerugian besar.

Baca Juga :   Politikus NasDem: Capres Koalisi Keumatan hanya Habib Rizieq

6. Dekat dengan Keramaian

Pilihlah tempat yang berada di pusat keramaian, seperti pemukiman penduduk, perkantoran, sekolah, dan daerah industri. Sebab, dengan keramaian yang ada Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk melakukan promosi dane peluang anda cukup terbuka lebar untuk mendapatkan keuntungan.

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply