Gempa 5,6 SR Guncang Deliserdang Medan

NewsNKRI, Medan – Gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang Sumatera Utara dan sekitarnya, Senin (16/1/2017) pada pukul 19.42 WIB. Guncangan selama lebih kurang lima detik itu memicu kepanikan warga. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat, pusat gempa berada di darat Kabupaten Deli Serdang, tepatnya 3,33 derajat Lintang Utara dan 98,46 derajat Bujur Timur dengan Kedalaman gempa 10 km.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebelum gempa tersebut, terjadi gempa pertama dengan kekuatan M 3,9 pukul 19.13 WIB. Gempa di darat pada 23 km barat daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 km.

Posko BNPB telah mengonfirmasi bahwa gempa dirasakan keras di Deli Serdang, Binjai, dan Karo sekitar 5-8 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Gempa juga dirasakan dengan intensitas sedang di Kota Medan. Masyarakat Kota Medan juga berhamburan keluar rumah.

Info Gempa Mag:5.6, 16-Jan-17 19:42:12 WIB, Lok:3.33 LU,98.46 BT (28 km BaratDaya KAB-DELISERDANG-SUMUT),Ked:10 Km

INFO Terkini NewsNKRi January 17, 2017
Antara melaporkan, warga di Kota Medan turut merasakan kekuatan guncangan gempa tersebut.
“Kepala pusing karena gempa sangat dirasakan,” kata Reza, warga yang sedang berada di sekitar Jalan Raden Saleh, Medan.

Media Terpercaya menyebutkan, banyak warga berlari meninggalkan rumah dan warung pinggir jalan. Warga berkerumun di area yang lebih luas.
Pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, langsung menepi. Warga dari warung dan rumah berhamburan keluar rumah, Senin (16/1/2017).

“Ya ampun, sampai berguncang-guncang begini. Ngeri kali gempanya,” ujar Adriana sembari berlari ke area yang lebih luas.
Tampak kabel-kabel listrik mengayun kencang. Durasi gempa yang kuat terasa hingga 15 detik.

Baca Juga :   KPK Siap Uraikan Aliran Dana E-KTP ke Parpol

Hingga berita ini diturunkan, warga masih berkerumun di area pinggiran jalan dan lapangan.  BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga kini, tidak ada laporan mengenai korban akibat gempa tersebut. Listrik mati di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung, seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu.
Demikian Info Portal Terpercaya ,Semoga Bencana Yang kerab hadir mewarnai Kita ,dapat dijadikan Makna agar setiap golongan manusia lebih bisa merawat dan melestarikan alamnya kembali lebih hijau

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply