Hati Hati Dengan Asap Buangan Diesel Bisa Menggangu Kesuburan Pria

Kesuburan

NewsNKRI – Tinggal di kawasan dengan tingkat polusi udara tinggi hanya akan membawa kesengsaraan, terlebih akibat gangguan pernapasan yang sangat mungkin terjadi. Namun ada dampak lain yang tak kalah buruk namun tidak disadari.

Asap Buangan Diesel Bisa Menggangu Kesuburan Pria

Sebuah studi yang dilakukan The Chinese University of Hong Kong mengungkapkan, pria yang tinggal di daerah dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi diketahui memiliki sperma yang ‘cacat’ dan bisa menganggu kesuburan Pria.

‘Cacat’ di sini dalam artian memiliki ukuran dan bentuk yang abnormal. Pengamatan dilakukan dengan mengambil sampel dari 6.500 pria Taiwan berusia 15-49 tahun.

Oleh peneliti, data ini dibandingkan dengan data paparan PM2.5 pada rumah partisipan selama dua tahun. PM2.5 merupakan partikel-partikel sangat halus yang terkandung dalam emisi mesin diesel dari mobil-mobil tua.

Ironisnya, partikel ini bisa terhirup tanpa sengaja dan masuk ke dalam paru-paru, termasuk ke aliran darah kemudian memicu gangguan kesehatan pada siapapun yang menghirupnya.

Peneliti menemukan kesimpulan bahwa makin tinggi paparan polusinya, makin signifikan penurunan ukuran dan bentuk sperma partisipan. Bahkan pria yang terpapar polusi tinggi berisiko 26 persen untuk memiliki ukuran dan bentuk sperma dengan kualitas paling rendah.

Hal ini dikhawatirkan berdampak pada naiknya angka infertilitas atau kemandulan yang terjadi pada pria.

“Meskipun efeknya diperkirakan kecil, tetapi ini adalah tantangan kesehatan yang tidak bisa diabaikan,” kata peneliti.

Pakar kesuburan pria dari University of Sheffield, Prof Allan Pacey berkomentar bahwa bentuk sperma tidaklah terlalu berdampak bagi kesuburan seseorang.

“Ya mungkin ada efek negatifnya tetapi kita harus mencari tahu dulu seberapa besar paparan polusinya hingga berdampak pada kesuburan pria,” tandasnya.

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply