Tips Sehat Akhir Tahun, Jangan Makan Berlebihan Saat Merayakan Natal

Jangan Makan Berlebihan Saat Merayakan Natal

NewsNKRI – Natal, di mana semua orang menikmati momen kebersamaan, liburan, dan juga menyambut tahun baru. Biasanya, makanan dan minuman yang terhidang memanjakan lidah, sehingga rasanya agak sulit untuk menahan godaan tersebut.

Bicara soal aneka makanan yang disajikan saat Natal, pada orang tertentu pastinya tidak serta merta bisa menikmati makanan tersebut, apalagi bila dikonsumsinya secara berlebihan.

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, mengatakan semua makanan yang biasa menghiasi meja makan saat Natal, seperti keju, daging, tak terkecuali kue, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung banyak gula dan lemak.

“Semua makanan terutama suguhan kue-kue, basah maupun kering, karena banyak gula dan lemaknya.

Lanjut Victoria, jika posisinya Anda sebagai tamu dan dijamu dengan berbagai makanan, sebaiknya atur porsi dan kontrol keinginan makan dengan menyantap makanan dalam porsi kecil. Misalnya kue, Anda cukup mengambil satu potong kue saja.

“Ambil 1 potong kue saja jika ditawari,”

Victoria menambahkan, saat berada di pesta Natal, tuan rumah juga tak jarang menyuguhkan minuman bersoda ataupun minuman manis. Nah, saat itu, Anda bisa pilih air putih atau air mineral saja. Jika minum teh, sebaiknya tanpa tambahan gula alias teh tawar.

“Meminum teh tawar atau air putih saja saat berkunjung,” saran Victoria.

Leona Victoria menuturkan bahwa semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa sebaiknya tidak terbawa suasana pesta yang berlebihan supaya tidak berisiko buruk bagi kesehatan.

“Kalau untuk anak-anak, biasanya banyak makanan yang manis dan bergula seperti kue, kukis hias, cupcakes, donat, dll, juga kurang baik bagi mereka, bisa sugar rush dan merusak gigi,” ujar Victoria kepada detikHealth.

Baca Juga :   Perhatikan Hal Berikut ini Sebelum Berhubungan Seks di Pemandian Umum

Sementara itu, lanjut Victoria, orang dewasa pun dianjurkan untuk membatasi asupannya, seperti kue dan cemilan lainnya. Apalagi, ketika berjumpa dengan peer group atau kawan-kawan lainnya, tentu tambah sulit menekan keinginan makan makanan khas Natal yang cenderung tinggi kalori.

“Untuk orang dewasa juga, banyak kue dan camilan, makan-makan terus setiap ketemu dengan group-group teman yang berbeda. Jadi harus secara sadar membatasi makan berlebihan,” pungkas pemilik akun Twitter @Leona Victoria.

Terakhir, Victoria menegaskan, apabila sudah kadung makan berlebihan, maka cara paling ampuh yang bisa dilakukan agar tak berdampak buruk bagi tubuh adalah dengan memperbanyak olahraga ataupun aktivitas fisik.

 

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply