Hasil Sementara Pilkada Buat Peta Jokowi di 2019 Makin Jelas

Hasil Sementara Pilkada Buat Peta Jokowi di 2019 Makin Jelas

NewsNKRI – Hasil Pilkada Serentak 2018 versi hitung cepat (quick count) telah keluar. Kantor Staf Kepresidenan menilai hasil hitung cepat tersebut membuat peta Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 semakin jelas.

“Pertama, secara umum hasil sementara Pilkada Serentak 2018 seperti memberikan peta periode kedua bagi Pak Jokowi makin jelas. Konteks teritorial, terutama di Jawa, yakni Jatim, Jateng, dan Jabar, yang memiliki jumlah pemilih besar, kombinasi partai dan aktor hasil Pilkada 2018, seperti memperlihatkan mengadvokasi rute jalan 2019 bagi Presiden Jokowi,” kata Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Eko Sulistyo.

Eko mengatakan hasil Pilkada Serentak 2018 berdasarkan quick count tersebut tidak jauh berbeda dengan prediksi lembaga survei yang telah merilis hasil untuk Pemilu 2019. Menurutnya, kepala daerah yang unggul dalam quick count akan mendukung Jokowi pada 2019.

“Seperti diketahui, cagub-cagub yang diumumkan sementara menang di Jawa dalam hitung cepat adalah calon kepala daerah yang akan mendukung Pak Jokowi sebagai presiden pada 2019,” katanya.

Kedua, lanjut Eko, secara umum bisa dilihat dalam Pilkada Serentak 2018 ini penggunaan sentimen SARA maupun politik identitas tidak banyak memiliki signifikansi terhadap hasil. Dia menilai hal itu mulai ditinggalkan masyarakat.

“Kesadaran ini pulalah yang menyumbang cukup besar menciptakan kondisi aman dan lancar dalam Pilkada 2018,” katanya.

Eko juga menyinggung sentimen gerakan #2019GantiPresiden yang dinilainya melekat pada partai oposisi. “Terutama PKS dan Gerindra tidak menjadi instrumen politik yang signifikan dalam memobilisasi dukungan suara untuk pasangan calon mereka,” kata Eko.

“Dengan demikian, sisa satu tahun masa pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014-2019 dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada,” tambahnya.

Baca Juga :   Beberapa Hal yang akan membuat Anda Pensiun dalam Keadaan Miskin

Hasil quick count atau hitung cepat sementara di Pilkada Serentak 2018 sudah selesai. Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menilai hasil perolehan suara di pilkada serentak tak banyak berpengaruh pada Pilpres 2019.

“Kalau lihat situasi kemenangan kandidat di beberapa wilayah ini, apakah berpengaruh terhadap pilpres atau tidak? Sebenarnya memang tidak paralel kemenangan kandidat di wilayah ini ke pileg atau pilpres,” ucap Adjie kepada wartawan di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/6/2018).

Adjie mencontohkan perolehan suara yang bisa potensial bagi PDIP dan capres Jokowi, seperti Jabar, Jatim, Sumut, Kaltim, dan Kalbar. Namun hasil perolehan suaranya, PDIP justru kalah oleh lawannya.

 

 

 

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply