Beberapa Jenis Kanker yang Sama Sekali Tidak Menunjukkan Gejala Apapun pada Tahap Awal

NewsNKRI – KANKER kini telah menjadi salah satu silent killer atau membunuh seseorang secara diam-diam. Ya, beberapa jenis kanker sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun pada tahap awal.

Artinya, sulit untuk mendeteksi dan mengobati kanker tersebut. Ketika kanker terdeteksi, biasanya sudah tahap lanjut, di mana telah membunuh jaringan dan menghancurkan organ.

Hal ini terjadi ketika seseorang tidak rutin mendeteksi atau melakukan pemeriksaan ke dokter. Sehingga, penting melakukannya untuk mendeteksi beberapa jenis kanker yang hampir tidak menunjukkan gejala awal.

Berikut tiga jenis kanker yang hampir sama sekali tidak menunjukkan gejala awal seperti :

Kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang memengaruhi kelenjar prostat pada pria, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun. Kanker prostat dapat mematikan, karena tidak menunjukkan gejala sampai mencapai tulang, menyebabkan banyaka komplikasi. Jadi, pria harus rutin periksa kesehatan ke dokter mereka untuk mendeteksi gejala awal kanker prostat.

Kanker usus besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang memengaruhi usus, bisa terjadi pada wanita dan pria. Awalnya, kanker usus besar juga tidak menunjukkan gejala apapun. Beberapa gejala awal kanker usus besar seperti sakit perut, nyeri lambung, sindrom iritasi usus juga sering diabaikan, karena berpikir itu bukan sesuatu yang serius.

Kanker testis

Sebagai jenis kanker yang memengaruhi testis, atau organ genital pria, kanker testis juga dapat membuktikan menjadi silent killer. Karena, kanker testis hampir sama sekali tidak menunjukkan gejala awal. Kanker testis dapat disembuhkan bila terdekteksi sejak tahap awal, namun jika tidak, dapat mencapai organ-organ tubuh lainnya.

Komentar Anda

Related posts

Leave a Reply